Jumat, 02 September 2011

Gimana mau majuin negara, majuin diri sendiri aja belum.

                           Gue nulis postingan kayak gini cuma ingin berpendapat dan mencoba memberi jawaban yang pas aja atas semua pertanyaan yang teman-teman gue sering pertanyakan dan mungkin bukan temen gue aja tapi seluruh masyarakat Indonesia. Banyak dari kita yang berpendapat bahwa "eh gila ya, dari dulu sampe sekarang Indonesia tuh gak maju2 mungkin malah makin terpuruk. Pemerintahannnya sih gak bener. Gimana penduduknya mau makmur kalau pemerintahannya aja korupsi mulu". Itu suatu pernyataan atau mungkin pertanyaan yang sering gue dengar selama ini.
Gue pikir gak cuma pemerintah aja yang salah dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala negara tetapi penduduknya juga!. Gini deh kita ambil faktanya aja, pemerintah udah banyak mengeluarkan kebijakan untuk rakyat supaya rakyatnya makmur dan sejahtera. Contohnya kebijakan mengeluarkan kartu BLT untuk orang miskin. Tapi kenyataanya di lapangan bukan orang miskin yang dapet kartu BLT tapi malah orang yang dikategorikan MAMPU. Terusa salah siapa???? Salah warganya laaah....selaku anaknya Pak RT di rumah gue yang daftar untuk dapet kartu BLT di rumah gue tuh kebanyakan warga yang di jarinya terlingkar cincin emas di tangannya juga ada gelang emas, anak2nya mempunyai HP yang harganya ratusn ribu, punya motor lagi. Apa itu MISKIN?  Dan mungkin penghasilannya masih cukup untuk membiayai kehidupan mereka.
                                              Ayah gue selaku Pak RT ya jelas nggak ngasih sama tuh warga yang KAYA tapi ngaku MISKIN. Ayah gue harus menyampaikan amanah pemerintah dengan benar kan? Masa orang yang dikategorikan MAMPU dapet BLT? ini yang harus kita perbaiki dari warga Indonesia terutama diri kita sendiri. MENTAL orang Indonesia tuh masih kayak gitu, maunya MEMINTA terus jarang mau MEMBERI. Padahal mental orang maju (warga negara maju) itu mereka tidak membudayakan dan MENGUTAMAKAN untuk meminta apalagi ngaku2 MISKIN kayak gitu, ckckck. INI YANG HARUS DI PERBAIKI! MENTAL MENGAKU MISKIN ITU HARUS DI HAPUS DI NEGARA INI. Kedua, MENTAL MELANGGAR ATURAN. Karena pemerintah udah banyak mengeluarkan peraturan bagi para pengendara untuk menggunakan Helm SNI, ataupun menyebrang di Jembatan penyebrangan. Tapi teteuuup aja banyak yang MELANGGAR, banyak yang menybrang sembarangan terus mati ketabrak terus pas udah mati nyalahin pemerintah dengan alasan Jalanan yang rata atau apalah! Atau nggak cuma nyengar-nyengir kalo ketahuan JOHN PANTAU mengebrang jalan sembarangan, ckckck -,-. Gimana mau jadi negara maju kalo kayak gini?.
          Ketiga, MENTAL NYONTEK PARA PELAJAR. Dari nyontek aja itu udah ketahuan kalo  kiya bukan orang yang jujur terutama jujur sama diri sendiri. Gue ngaku dulu waktu SMP gue memang suka menyontek tapi pas masuk SMA gue sadar kalo nyontek itu perbuatan yang HINA dan DOSA banget. Apalagi waktu itu gue bercita-cita ingin jadi seorang politikus yang JUJUR dan ADIL. Dari situ gue mikir, gimana gue mau jadi politikus yang jujur yang nanti akan memegang amanah dari rakyat kalo diri gue sendiri aja belum jujur? gue masih nyontek pas ulangan, gue belum bisa ngalahin diri gue sendiri. Gimana nanti mau ngalahin godaan yang bejat di dunia politik? kalo diri gue sendiri aja belum bener? belum jujur, belum bisa menguasai diri gue sendiri? Dari situ gue berubah, gue mencoba menjadi seorang pelajar yang baik, jujur, dan gak kalah sama dirinya sendiri. Pantes aja pejabat sekarang nggak pada jujur ternyata sifat tidak jujur itu sudah berakara sejak mereka kecil. Tanya aja semua pejabat di Indonesia pasti rata-rata pernah menyontek pas masa2 sekolah, dan mungkin perbuatan tidak jujur itu tidak bisa dihilangkan sampai dia dewasa dan SAYANGNYA menjadi PEJABAT. Gue cukup prihatin dengan hal ini, karena BANYAK banget pelajar indonesia yang masih mengandalkan menyontek dalam hidupnya. Kalo virus NYONTEK ini belum ilang, mungkin kasus korupsi, suap, dll gak akan pernah ilang di Indonesia.
               Jaid intinya, kemajuan suatu negara nggak cuma diukur dari pemerintahannya atau siapa presidennya. Tapi diukur dari seberapa MAJU pemikiran dan MENTAL individu warganya. Percuma lo ngoceh sana sini, nyalahin pemerintah terus kalo pemerintah tuh nggak bener ngurus negara tapi lo sendiri belum bener MEMAJUKAN diri lo! Sebuah negara nggak akan maju sebelum setiap individu warganya memajukan dirinya sendiri -Mario Teguh-.


Rizqy Nur Amalia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar